Hasil Sensus Kurikulum 2013 Positif

Foto Berita (1)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan sensus kepada pemangku kepentingan pendididikan terhadap kurikulum 2013 pada akhir 2013 lalu. Dari hasil sensus tersebut diketahui, masyarakat memberi respon positif terhadap pelaksanaan kurikulum 2013.

“Kurikulum 2013 dapat sorotan sangat bagus di awal implementasinya, karena diragukan. Tapi setelah melakukan sensus, dan responnya baik, kami semakin confident,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, akhir tahun lalu, di Jakarta.

Sensus ini melibatkan lebih dari 76 ribu responsen dari komponen siswa, guru, kepala sekolah, orang tua, komite sekolah, hingga pengawas. Adapun yang ditanyakan kepada siswa seputar dampak implementasi kurikulum 2013. Misalnya, apakah kurikulum 2013 membangun karakter siswa? Atau, apakah kurikulum 2013 membangun semangat belajar siswa?

Dari hasil sensus diketahui, menurut para guru SD, sebanyak 82,54 persen guru menjawab kurikulum 2013 dapat membangun karakter siswa, dan 86,38 guru SMP menyatakan kurikulum 2013 lebih menarik sehingga anak lebih tertarik untuk belajar.

“Kalau jawabannya hampir semua iya, tidak ada cara lain kecuali (kurikulum 2013) diterapkan 100 persen,” kata Mendikbud.

Mendikbud mengatakan, penetapan implementasi kurikulum 2013 secara masif telah diputuskan dalam rapat wapres di akhir tahun 2013. Ia menambahkan, keputusan tersebut diambil karena hasil sensus menunjukkan gradasi positif. “Kalau hasilnya cuma 60 persenan, kita tidak berani,” tuturnya.

Selain sensus dampak kurikulum 2013 terhadap siswa, materi lain dalam sensus tersebut adalah dampak terhadap guru. Diketahui, guru-guru masih kesulitan dalam pembuatan RPP. Untuk itu, dalam pelatihan yang diadakan ke depan, pembuatan RPP akan menjadi salah satu agenda utama.

Demikian pula untuk kepala sekolah, dalam hasil sensus tersebut kepala sekolah diminta lebih aktif dalam melakukan supervisi. “Semua akan kita perbaiki,” pungkasnya.

Sumber : http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/node/1995

Leave a comment